Selasa, 16 Juni 2015

5 KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN TEAM FACILITIES

Top of Form



Berdasarkan pengalaman saya, kesalahan dibawah ini selalu terjadi di area kerja. Semua posisi di Tim Facilities; mulai dari supervisors, coordinators, junior manager sampai dengan senior managers, kadang-kadang melakukan kesalahan ini. Akan baik sekali jika anda mempelajarinya dan mengembangkan diri anda dan tim anda.


Antara lain :
1)      Melewatkan sesi briefing harian
Saya sangat menekankan pentingnya briefing harian. Pastikan orang-orang penting yang terkait di operasional untuk hadir di sesi ini, mereka adalah: supervisor cleaning, leader teknisi, leader security guard, area supervisor, helpdesk, dll
Briefing harian perlu dilakukan dalam waktu seperlunya, tidak perlu terlalu lama. Anda perlu mendapatkan informasi mengenai semua permasalahan yang ada, rencana hari itu dan pastikan bahwa anda mengetahui SEMUANYA!

2)      Berfikir jika anda dapat mengerjakan semuanya sendiri: 
Anda tanggung semua beban pekerjaan seorang diri; anda pastikan semua sesuai rencana dan anda tanggung semua kesalahan tim anda. Ini sama sekali tidak benar!

Pastikan anda memeriksa kontrak kerja anda, mengenal tim anda (mengetahui posisi, keahlian dan tanggung jawab) dan distribusikan beban kerja sesuai dengan posisi dan tanggung jawab masing-masing.  Pastikan tim anda bekerja sesuai porsinya dan periksalah pekerjaan tim secara teratur. Briefing harian adalah salah satu aktivitas untuk memeriksa pekerjaan tim anda.

3)      Memiliki asumsi pribadi
Saat terjadi suatu insiden, sebelum mengeluarkan pernyataan kepada pelanggan atau manager anda, sebaiknya ada kumpulkan semua informasi terlebih dulu. Informasinya termasuk: data pemeliharaan, siapa yang bertanggung jawab pada saat ini, aktivitas yang dilakukan pada saat insiden terjadi dan pastikan semua memiliki dokumentasi tertulis. Tanpa adanya dokumentasi tertulis, sangat dihindari untuk memberikan pernyataan berdasarkan asumsi pribadi.

4)      Tidak mengkomunikasikan ke pelanggan untuk masalah besar
Saat anda menghadapi masalah besar, sebaiknya anda informasikan manager dan pelanggan anda secara teratur; patut diingat bahwa manager/pelanggan anda juga mempunyai bos yang perlu di beritahu,
Jadi, untuk “semua hal yang bisa menjadi serius”, sebaiknya anda informasikan mereka dan pastikan mereka tahu bahwa anda sudah melakukan yang terbaik. Pelanggan/manager anda akan sangat menghargai anda untuk hal ini.
5)      Tidak percaya pada vendor anda
Jika ada insiden tertentu dan anda memanggil vendor anda, saat si vendor sedang bekerja mencari tahu masalah dari insiden itu, sebaiknya anda biarkan mereka bekerja dan tidak terlalu banyak bertanya kepada mereka.
Tentunya si vendor tidak mengharapkan hal ini terjadi dan mereka juga ingin insiden ini cepat selesai. Biarkan mereka bekerja dulu, jika kita mengganggu mereka dengan pertanyaan, mereka akan terganggu dan tidak focus pada penyelesaian masalah. Juga akan membuat hubungan anda dengan vendor tidak harmonis.
Setelah vendor selesai, pastikan mereka menuliskan laporannya dalam berita acara dan saat ini adalah saat yang baik untuk bertanya secara detail kepada mereka

Semoga membantu anda sekalian untuk meningkatkan dan memperbaiki ilmu managerial anda dan mendapatkan karir yang lebih baik nantinya!



English Version:
TOP 5 COMMON MISTAKES IN FACILITIES MANAGEMENT
Based on my experiences, below common mistakes are always happening in the field. All levels of Facilities Team; from supervisors, coordinators, junior manager up to senior managers, they are sometime doing below mistakes. It would be good if you can learn from it and you can improve yourself and/or your team members. 
Those common mistakes are:
1)      Skip the daily briefing:
I would like to emphasize the importance of daily briefing. Just have the important person to attend this briefing, they can be: cleaning supervisor, leader of technician, leader of security guard, area supervisor, helpdesk person, etc, everyone who has role in daily operations.
You shall have daily briefing in a proper duration, not necessarily too long. You shall capture every issue in operations, today’s plan and make sure that you know EVERYTHING relate to your facilities.
2)      Keep thinking to do everything:
You put everything in your shoulder; you shall ensure that everything in place and you shall take all the blame for every mistake of your team. This is not right!
You shall check the contract, learn about your team and distribute the workload properly to all team members. Let your team do their work and you shall check the work in regular basis. Daily briefing is one of activities to track and to monitor the work.
3)      Keep having own assumption:
In case any incident happen, before make any statement to end user or your manager or your client, it would be better to gather all information. The information could be; latest maintenance record, who is the person in charge, what are the activities during that time, etc, and it shall have written documentation on it. Without any written documentation, it would be not recommended to have statement based on your own assumption.
4)      No communication to client for big issues
If you are facing some serious issues, you better update your manager/client in regular basis; remember that your manager/client is also having their own user/client that they need to inform. So, for any “potential to be a bigger problem” ‘s issue, you better inform them immediately and also ensure them that you had done everything to avoid it. Client would be more respect you if they get a regular update from you.
5)      No trust to vendors
If you need to call vendors for some incidents and the vendor still working with the incidents, avoid asking them with too many questions. Of course the vendor’s team does not want this incident happen and they also think about how to solve it immediately. If we keep asking them the question, they may get disrupted and not focus to solve the problem. This may impact that you are having bad relation with vendor as well as vendor is reluctant to share you the true problem. When the work finished, make sure the create the completion report and this is the best time for you to ask more details.
Hope this is helping you – my fellow Facilities Manager to improve yourself to be a better Facilities Manager and of course, to have a better career in the future

Good luck!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Satu Upaya Lagi, Satu Target Lagi: Perspektif Facility Management

Saya baru selesai membaca buku dari Ed Mylett: “The Power of One More” dan saya merasa bahwa dua prinsip dari tulisan ini sangat sesuai deng...