“The future belongs to those who learn more skills and combine them in creative ways.” – Robert Greene
“Masa depan adalah milik mereka yang mempelajari lebih
banyak keterampilan dan menggabungkannya dengan cara yang kreatif.” - Robert Greene, seorang penulis dari Amerika
yang terkenal dengan buku-bukunya tentang strategi, kekuasaan, dan rayuan. Dia
telah menulis enam buku terlaris internasional.
Agar menjadi seorang Facility Manager yang efektif,
dibutuhkan banyak keahlian, termasuk; Teknik, komunikasi, customer services dan
lainnya.
Dengan adanya pandemic, menurut team 7NOX dari artikel: https://7nox.com/6-skills-fms-will-need-beyond-2021/
ada beberapa keahlian baru yang perlu dipelajari untuk mendukung Facility Manager
menguasai masa depan.
3 keahlian yang Facility Manager perlu kuasai adalah:
1.
Innovation Awareness.
Sadar Inovasi/ Teknologi. Salah satu efek positif dari adanya pandemic
yang mengharuskan menjaga jarak adalah banyaknya peralatan, mesin dan
sensor-sensor yang digunakan untuk memastikan orang-orang aman dan tetap sehat
selama bekerja di dalam kantor/gedung. Antara lain;
-
QR Code dengan mengisi data karyawan setiap
masuk kantor. Data yang digunakan sekaligus sebagai pencatatan karyawan jika
ada yang terinfeksi.
-
Filter UV yang dipasang di saluran HVAC untuk
memastikan virus tidak menyebar.
-
Dan lainnya.
Facility Manager dituntut untuk selalu belajar dan mengerti mengenai
inovasi yang terjadi saat ini dan efektivitasnya di fasilitas yang dikelola.
2.
Communicating to Influence
Komunikasi untuk mempengaruhi. Keahlian komunikasi yang dimiliki Facility
Manager perlu dikembangkan menjadi komunikasi yang dapat mempengaruhi. Dari
semua informasi yang didapat terkait pengelolaan fasilitas; kendala operasional
secara rutin, komunikasi dengan vendor dan komunikasi ke users/pelanggan, saat
ini ada tambahan informasi termasuk; jumlah orang-orang terinfeksi di fasilitas
tersebut, apasaja yang perlu ada untuk mengantisipasi adanya virus, bagaimana
memastikan jarak dijaga didalam kantor.
Facility Manager perlu mengolah informasi yang didapat dan mempelajari
informasi terbaru yang ada serta memastikan bahwa hal-hal tersebut telah
disampaikan secara benar ke management dan para users.
3.
Adaptability
Kemampuan Beradaptasi. Facility Manager perlu dengan cepat beradaptasi.
Saat ini, membuat perencanaan pemeliharaan, permintaan work order, penyelesaian
jadwal pemeliharaan sudah menggunakan software. Tantangan terbaru adalah
memastikan semua hasil pencatatan pemeliharaan terisi ke dalam software
tersebut.
Komunikasi
tidak cukup dengan memastikan jadwal pemeliharaan selesai atau permintaan work
order selesai dikerjakan dan dilaporkan – terkait di dalam fasilitas.
Komunikasi seorang Facility Manager meluas mencakup; seberapa efektif
penggunaan kantor, apakah kualitas udara dalam kondisi baik, dan lainnya.
Demikian 3 keahlian yang perlu dikuasai oleh Facility
Manager saat ini, pastinya akan banyak keahlian baru lainnya yang perlu
dipelajari.
Untuk rekan-rekan Facility Manager, mari untuk selalu
menambah ilmu untuk belajar hal-hal baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar