“Risk comes from not knowing what you're doing.” - Warren Buffett
“Risiko datang dari tidak mengetahui apa yang Anda lakukan”
– Warren Buffett, Tokoh bisnis Amerika, investor, dan filantropis.
Dalam mengelola fasilitas, sangat perlu adanya Risk
Assessment. Berdasarkan Wikipedia; Risk Assement atau Penilaian Risiko adalah
upaya gabungan dari: mengidentifikasi dan menganalisis peristiwa potensial yang
dapat berdampak negatif terhadap individu, aset, dan/atau lingkungan; dan
membuat penilaian "atas tolerabilitas risiko berdasarkan analisis
risiko" sambil mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi.
Risk Assessment ini adalah ranah dari team Safety, namun,
akan lebih baik jika seorang Facility Manager dapat mengidentifikasi resiko
yang terjadi di fasilitas yang dikelola.
5 hal umum yang perlu diperhatikan dalam mengetahui resiko
di area kerja adalah:
1.
Area kerja.
Area kerja dalam kondisi aman tanpa resiko. Hal-hal yang bisa
diperhatikan adalah: apakah ada kabel listrik yang terbuka, apakah ada area
sekitar yang rusak (atap mau jatuh, karpet terbuka, dan sejenisnya) di sekitar
area tersebut.
Terkait area kerja ini, perlu dipastikan jika ada penempatan &
pemakaian bahan kimia, apakah lokasi sudah ditandai dengan benar dan bahan
tersebut sudah memiliki penjelasan tertulis di wadahnya.
2.
Kemampuan/pengetahuan Team
Perlu disadari kemampuan dan pengetahuan dari team pelaksana di facility
management. Memastikan team safety telah memberikan pelatihan dan briefing
untuk pekerjaan-pekerjaan yang akan dilakukan sehingga team akan bekerja dengan
aman.
3.
Komunikasi
Komunikasi aktif perlu dilakukan jika ada temuan dalam menilai resiko.
Komunikasi perlu dilakukan terutama ke team pelaksana untuk memastikan mereka
mengerti apa yang sedang dikerjakan.
Untuk temuan selama Risk Assessment, Facility Manager bekerja sama dengan
team Safety agar membuatkan laporan temuan beserta rekomendasi untuk perbaikan
yang perlu dilakukan.
4.
Belajar terus menerus
Facility
Manager perlu untuk selalu belajar menilai resiko yang ada di fasilitas yang
dikelola. Proses pembelajaran ini adalah dengan melakukan risk assessment
secara berkala dan memberikan laporan assessment tersebut ke team safety. Team
safety akan memberikan masukan dan secara berkala juga melakukan penilaian ke
fasilitas yang dikelola untuk memastikan penilaian resiko yang sudah dilakukan
sesuai dengan standar safety.
Mari para Facility Manager untuk selalu menilai resiko di
fasilitas kita untuk memastikan area kerja yang aman bagi team facility
management dan client.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar